15 Contoh Latihan Soal Geografi Kelas 12 Semester 2 Bab Penginderaan Jauh dan SIG~Part3


15 contoh latihan soal geografi kelas 12 semester genap beserta kunci jawaban Bab Peta Tematik Berdasarkan Pengolahan Citra Penginderaan Jauh dan Sistem Informasi Geografis, merupakan postingan ketiga atau lanjutan dari 15 contoh soal Geografi kelas 12 semester 2 Bab Penginderaan Jauh dan SIG (PG dan Essay/uraian).




Pada contoh latihan sebelumnya, materi soal berisikan konsep penginderaan jauh dan penginderaan jauh untuk tata guna lahan. Sedangkan untuk bagian ketiga, menitikberatkan pada contoh soal tentang pengindraan jauh untuk pengembangan jaringan transportasi.




Berikut di bawah ini, 15 contoh latihan soal geografi kurikulum 2013 lengkap dengan kunci jawabannya.




1. Banyaknya perjalanan pada tahun rencana sangat ditentukan oleh karakteristik penggunaan lahan/petak-petak lahan (kawasan-kawasan) serta karakteristik sosial ekonomi tiap-tiap kawasan tersebut yang terdapat dalam ruang lingkup wilayah kajian tertentu, merupakan pendapat…..

a. Tamin

b. Hamdi

c. Khisty dan Lail

d. Morlok

e. Black

Jawaban: d



2. Perubahan aksesibilitas akan menentukan perubahan yang akan memengaruhi penggunaan lahan sehingga jika terjadi perubahan penggunaan lahan maka tingkat bangkitan perjalanan akan berubah, merupakan pendapat dari….

a. Tamin

b. Hamdi

c. Khisty dan Lail

d. Morlok

e. Black

Jawaban: c



3. Tata ruang mempunyai keterkaitan erat dengan transportasi karena ruang merupakan kegiatan yang ditempatkan di atas lahan kota sedangkan transportasi merupakan sistem jaringan yang secara fisik menghubungkan satu ruang kegiatan dengan ruang kegiatan lainnya, merupakan pendapat dari….

a. Tamin

b. Hamdi

c. Khisty dan Lail

d. Morlok

e. Black

Jawaban: a



Baca juga: 45 Contoh Soal USP Geografi SMA/MA Kurikulum 2013 Beserta Kunci Jawaban~Persiapan Ujian Sekolah 2022-2023




4. Untuk sektor transportasi dan komunikasi, citra satelit sangat membantu untuk proses perencanaan struktur tataran transportasi berdasarkan berikut ini, kecuali…..

a. skala pelayanan

b. masterplan/siteplan

c. nondetail engineering design

d. identifikasi dan inventarisasi kawasan prasarana perhubungan dan komunikasi pemetaan infrastruktur.

e. pemetaan infrastruktur

Jawaban: c

Pembahasan: untuk sektor transportasi dan komunikasi, citra satelit sangat membantu untuk proses perencanaan seperti peta detail jaringan pelayanan transportasi (trayek, trase, jalur, dan alur), perencanaan struktur tataran transportasi berdasarkan skala pelayanan, masterplan/siteplan, detail engineering design dan landscape, identifikasi serta inventarisasi kawasan prasarana perhubungan komunikasi, dan pemetaan infrastruktur.



5. Berikut ini dampak dari urbanisasi, kecuali….

a. meningkatnya kebutuhan pemukiman

b. meningkatnya kebutuhan pangan

c. meningkatnya kebutuhan lapangan pekerjaan

d. meningkatnya kebutuhan pelayanan transportasi

e. meningkatnya kebutuhan pendidikan

Jawaban: e



6. Proses awal untuk meramalkan jumlah perjalanan yang dibangkitkan oleh suatu zona (kawasan) per satuan waktu disebut model….

a. bangkitan perjalanan

b. pemilihan moda

c. pemilihan jalanan

d. sebaran perjalanan

e. pemilihan rute

Jawaban: a



7. Pada permodelan transportasi, zona merupakan satuan….

a. analisis transportasi

b. zona

c. parameter transportasi

d. model transportasi

e. trayek

Jawaban: a



8. Citra penginderaan jauh dapat digunakan untuk memperoleh data yang mendukung permodelan transportasi terutama yang menyangkut….

a. bangkitan dan tarikan perjalanan

b. rute perjalanan

c. model transportasi

d. analisis transportasi

e. parameter transportasi

Jawaban: a


Baca juga:

- Contoh soal UAS/PAT Geografi kelas 10 Semester 2 Beserta Jawabannya

- Contoh soal UAS/PAT Geografi Kelas 11 Semester 2 Beserta kunci jawabannya




9. Berikut ini model perencanaan jaringan transportasi, kecuali….

a. model bangkitan perjalanan

b. model pemilihan moda

c. model pemilihan jalanan

d. model sebaran perjalanan

e. model pemilihan rute

Jawaban: c

Pembahasan: secara umum proses perencanaan transportasi menggunakan model transportasi empat tahap yang merupakan gabungan beberapa submodel, yaitu model bangkitan perjalanan, model sebaran perjalanan, model pemilihan moda, dan model pemilihan rute.



10. Citra satelit sangat membantu untuk proses perencanaan seperti peta detail jaringan pelayanan transportasi berupa berikut, kecuali….

a. trayek

b. jalur

c. jalan

c. trase

e. alur

Jawaban: c

Pembahasan: untuk sektor transportasi dan komunikasi, citra satelit sangat membantu untuk proses perencanaan seperti peta detail jaringan pelayanan transportasi (trayek, trase, jalur, dan alur).




Essay /Uraian Untuk soal nomor 11-15



11. Sebutkan empat tahap model transportasi?

Jawaban: empat tahap model transportasi, yaitu model bangkitan perjalanan, model sebaran perjalanan, model pemilihan moda, dan model pemilihan rute.



12. Apakah kegunaan citra satelit di bidang transportasi?

Jawaban: untuk bidang transportasi, citra satelit dapat digunakan untuk inventarisasi jaringan transportasi publik, kesesuaian rute alternatif, perencanaan perluasan sistem jaringan jalan, analisis kawasan rawan kemacetan, dan kecelakaan.



13. Mengapa penyediaan infrastruktur dan pelayanan transportasi merupakan suatu tantangan terbesar?

Jawaban: penyediaan infrastruktur dan pelayanan transportasi merupakan suatu tantangan terbesar sebab pertumbuhan penduduk ini menciptakan sekelompok masyarakat yang hidup di bawah standar kehidupan umumnya yang membutuhkan pengendalian biaya transportasi yang lebih rendah.



14. Jelaskan maksud tata guna lahan dan transportasi mempunyai satu hubungan yang interaktif!

Jawaban: tata guna lahan dan transportasi mempunyai suatu hubungan yang interaktif, yaitu tata guna lahan merupakan salah satu penentu pergerakan dan aktifitas atau dikenal dengan istilah bangkitan perjalanan (trip generation) yang menentukan jenis fasilitas transportasi yang akan dipakai untuk melakukan pergerakan.



15. Menurut Tamin, mengapa tata ruang mempunyai keterkaitan erat dengan tranportasi?

Jawaban: Menurut Tamin (2000), tata ruang mempunyai keterkaitan erat dengan transportasi karena ruang merupakan kegiatan yang ditempatkan di atas lahan kota, sedangkan transportasi merupakan sistem jaringan yang secara fisik menghubungkan satu ruang kegiatan dengan ruang kegiatan lainnya.



Lanjut ke soal tata kelola dan lembaga penginderaan jauh di Indonesia==> 15 contoh soal geografi kelas 12 semester 2 Bab Penginderaan jauh dan SIG KE-4

Belum ada Komentar untuk "15 Contoh Latihan Soal Geografi Kelas 12 Semester 2 Bab Penginderaan Jauh dan SIG~Part3"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel