125 Contoh Latihan Soal UP PPG Pendagogik Beserta Kunci Jawaban~Part2


Contoh latihan soal uji pengetahuan Profesi Pendidikan Guru khususnya Pendagogik beserta kunci jawaban postingan kedua, merupakan lanjutan 125 contoh latihan soal UP PPG Pendagogik sebelumnya (soal nomor 1-43).

Dimulai dari pertanyaan nomor 44 berikut soal UP PPG dilengkapi kunci jawabannya.



SOAL MEDIA DAN TIK DALAM PEMBELAJARAN

44. Memilih media pembelajaran hendaknya tidak boleh sembarangan tetapi harus didasarkan pada kriteria tertentu. Misalnya, apakah untuk belajar individual, kelompok kecil, kelompok besar atau massal.

Pernyataan tersebut dalam pemilihan media termasuk ke dalam kriteria...

A. Tujuan

B. Sasaran didik

C. Ketersediaan

D. Konteks penggunaan

Jawaban: D


45. Pada saat mempersiapkan pembelajaran seorang guru dapat menyusun strategi pembelajaran dan menentukan media yang akan digunakan dalam pembelajaran tersebut. Kemampuan dasar yang harus dimiliki seorang pendidik terkait dengan keterampilan memilih media pembelajaran adalah…

A. Pendidik harus mengetahui latar sosial budaya siswa dan sekolah

B. Pendidik harus memahami karakteristik dari media pembelajaran tersebut.

C. Pendidik harus menyesuaikan diri dengan kemampuan sekolah.

D. Pendidik menyesuaikan dengan materi pembelajaran.

Jawaban: B


46. Pada saat mempersiapkan pembelajaran seorang guru harus dapat menentukan jenis media yang tepat sesuai dengan materi. Di lihat dari kemampuan jangkauannya, media dapat dibagi ke dalam..

A. Media yang memiliki daya liput yang luas dan media yang memiliki daya liput terbatas

B. Media yang dpat didengar saja dan media yang dapat dilihat

C. Media tradisional dan media berbasis tik

D. Media dua dimensi dan media tiga dimensi

Jawaban: A


47. Di ruang media tersedia berbagai macam media yang sudah berdebu dan agak usang. Sebagai seorang pendidik yang kreatif, sebaiknya dapat memanfaatkan media dan memilih media mana yang akan digunakan. Dia memiliki beberapa pertimbangan dalam hal ini.

Pertimbangan dalam memilih media pembelajaran yang harus diperhatikan adalah...

A. Tujuan, sasaran didik, karakteristik media, waktu pengoperasian, biaya, ketersediaan,konteks penggunaan, dan mutu teknis.

B. Sasaran didik, karakteristik media, waktu mengoperasikan, tujuan, misi visi sekolah dan konteks penggunaan.

C. Tujuan, sasaran didik, karakteristik media, visi sekolah dan konteks penggunaan

D. Kultur sekolah, tujuan, waktu pengoperasiaan dan karakteristik media

Jawaban: A


48. Seorang guru harus mampu memanfaatkan media pembelajaran dan sumber belajar untuk mencapai tujuan pembelajaraan utuh. Pernyataan berikut yang benar terkait dengan media pembelajaran adalah:

A. Media pembelajaran yang paling baik adalah media yang berbasis tik

B. Sebuah media dapat digunakan untuk semua kegiatan pembelajaran

C. Media dapat digunakan sebagai pembawa pesan dalam suatu kegiatan pembelajaran

D. Memilih media tidak perlu banyak pertimbangan agar tidak merepotkan

Jawaban: C


49 Setiap materi pembelajaran memiliki tingkat kesukaran yang bervariasi. Untuk memudahkan peserta didik memahami materi yang memiliki tingkat kesukaran tinggi guru sering memanfaatkan media pembelajaran. Misalnya, media gambar atau tayangan video yang berisi sistem peredaran darah.


Fungsi media pada pernyataan tersebut adalah:

A. Menampilkan objek yang terlalu besar

B. Membuat konkrIt konsep yang abstrak

C. Menampilkan objek yang tidak dapat diamati dengan mata telanjang.

D. Membawa objek yang berbahaya atau sukar didapat di dalam lingkungan belajar.

Jawaban: B


50. Media memiliki fungsi dan manfaat bagi pembelajaran. Hal ini dirasakan juga oleh guru dalam membantu pembelajaran menjadi lebih efisien dan efektif. Misalnya saat guru ingin menjelaskan suatu konsep/ objek yang luas dan besar, dia tinggal menggunakan medianya saja.

Berikut ini adalah salah satu fungsi dari media pembelajaran sesuai kondisi tersebut:

A. Menampilkan objek yang terlalu besar, misalnya pasar, candi.

B. Membawa objek yang berbahaya atau sukar didapat di dalam lingkungan belajar.

C. Membuat konkret konsep yang abstrak, misalnya untuk menjelaskan peredaran darah.

D. Menampilkan objek yang tidak dapat diamati dengan mata telanjang.

Jawaban: A

51. Seorang guru ingin membuka situs google untuk menuliskan catatan, ide, atau refleksi yang bersifat pribadi atau untuk dibagikan secara umum. Fitur yang dapat dimanfaatkan oleh guru tersebut adalah…

A. Book

B. Forum

C. Blog

D. E-portofolio

Jawaban: C


Baca juga:

- Contoh SOAL UP PPG SD Lengkap 40 Soal

- Contoh Soal UKG TIK SMA dan Kunci Jawaban Lengkap (50 Soal)

- Contoh Soal dan Jawaban UKG SMP Seni Budaya

- Contoh Soal UP PPG Administrasi Perkantoran SMK dan Kunci Jawabannya


52. Seorang guru sedang ber-googling atau membuka situs google untuk mencari informasi mengenai pembelajaran berbasis TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi).

Pengertian googling dalam istilah internet tersebut adalah…

A. Program mencari informasi

B. Program desktop publishing

C. Program untuk menjelajahi laman

D. Program penciptaan laman

Jawaban: C


53. Seorang guru yang akan mencari informasi tentang suatu topik atau judul dapat menggunakan aplikasi internet yang dikenal dengan istilah mesin pencari (search engine). Salah satu laman yang berfungsi sebagai mesin pencari adalah...

A. www.gmail.com

B. www.google.com

C. www.hotmail.com

D. www.cari-data.com

Jawaban: B


54. Saat kita akan informasi tentang suatu topik atau judul dapat menggunakan aplikasi internet yang dikenal dengan istilah mesin pencari (search engine).

Salah satu laman yang berfungsi sebagai mesin pencari selain google adalah...

A. www.yahoo.com

B. www.gmail.com

C. www.hotmail.com

D. www.cari-data.com

Jawaban: A


55. Seorang guru akan membuat media untuk menampilkan contoh surat, tabel, gambar dan berbagai dokumen lain. Aplikasi sederhana keluaran Microsoft yang dapat digunakan untuk memfasilitasi kegiatan guru tersebut adalah...

A. Microsoft Database

B. Microsoft PowerPoint

C. Microsoft Desktop Publishing

D. Microsoft Word

Jawaban: D


56. Seorang guru dapat menampilkan bahan tayang yang menarik perhatihan siswa dalam pembelajaran. Program tampilan bahan tayang ini difasilitasi oleh Microsoft. Aplikasi sederhana keluaran Microsoft yang dapat digunakan untuk membuat bahan presentasi adalah....

A. Microsoft Database

B. Microsoft Spread Sheet

C. Microsoft Power point

D. Microsoft Desktop Publishing

Jawaban: C


57. Tools pembelajaran daring/online cukup banyak dan memiliki fungsi masing-masing. Salah satu fiturnya berupa kumpulan soal tes sumatif dan tes akhir pembelajaran.

Fitur moodle ini adalah...

A. Quiz

B. Page

C. Lesson

D. Blog

Jawaban: A


58. Dalam pembelajaran daring terdapat beberapa unsur atau elemen pembangun pembelajaran elektronik. Unsur berikut yang bukan termasuk unsur pembangun elektronik adalah…

A. Penulis konten (content writer)

B. Penata grafis (design grafis)

C. Perancang pembelajaran (course design)

D. Pemrogram komputer (computer programmer).

Jawaban: B


59. Dalam mengawali pelajarannya, Pak Ali merumuskan pertanyaan, mengumpulkan data (informasi) dengan berbagai teknik, mengasosiasi/ menganalisis/mengolah data (informasi) dan menarik kesimpulan serta mengkomunikasikan hasil yang terdiri dari kesimpulan untuk memperoleh pengetahuan, keterampilan dan sikap.

Langkah yang dilakukan Pak Ali itu merupakan bagian dari model pembelajaran…

A. Portofolio

B. Saintifik

C. Penemuan

D. Autentik

Jawaban: B


60. Dalam mengawali pelajarannya, Pak Mamaz Nendar menyampaikan suatu permasalahan guna menggugah dan menimbulkan kepenasaran-kepenasaran para siswanya. Langkah tersebut bertujuan untuk mendorong para siswa agar mau mengembangkan kreativitasnya .

Langkah yang dilakukan Pak Mamaz Nendar itu merupakan bagian dari model pembelajaran….

A. Portofolio

B. Saintifik

C. Penemuan

D. Autentik

Jawaban: C


61. Pak Larso melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan masalah sebagai langkah awal dalam mengumpulkan dan mengintergrasikan pengetahuan baru berdasarkan pengalamannya, dimulai dengan memunculkan pertanyaan penuntun (a guiding question) dan membimbing peserta didik berkolaboratif yang mengintegrasikan berbagai subjek (materi) dalam kurikulum.

Pembelajaran yang dilakanakan oleh Pak Larso tersebut merupakan model pembelajaran ....

A. Project based learning

B. Discovery Learning

C. Problem Based Learning

D. Inquiry learning

Jawaban: A


62. Bu Rumini melaksanakan pembelajaran yang mengakomodasi semua anggota kelompok mengungkapkan pendapat, ide, dan tanggapan terhadap skenario secara bebas, sehingga dimungkinkan muncul berbagai macam alternatif pendapat.

Kegiatan yang dilakukan Bu Rumini tersebut merupakan implementasi model pembelajaran ....

A. Project based learning

B. Inquiry learning

C. Discovery learning

D. Problem based learning

Jawaban: D


63. Ketika memulai pembelajaran, Bu Dwi Wahyu menyodorkan sebuah isu aktual dalam bentuk pertanyaan yang memerlukan solusi. Lalu, dalam bentuk kelompok-kelompok kecil, siswa diminta untuk untuk mencari alternatif solusi tersebut.

Kegiatan yang dilakukan Bu Dwi Wahyu tersebut mengisyaratkan implementasi model pembelajaran ....

A. Project based learning

B. Problem based learning

C. Discovery learning

D. Inquiry learning

Jawaban: A


64. Sebelum memulai proses belajar-mengajar di dalam kelas, Bu Nuraini meminta peserta didik terlebih dahulu untuk mengobservasi suatu fenomena. Kemudian peserta didik diminta mencatat masalah-masalah yang muncul. Setelah itu, peserta didik dirangsang untuk berpikir kritis dalam memecahkan masalah yang ada. Sementara itu, Bu Nuraeni mengarahkan peserta didik untuk bertanya, membuktikan asumsi, dan mendengarkan pendapat yang berbeda dari mereka.

Kegiatan yang dilakukan Bu Nuraeni tersebut mengisyaratkan implementasi model pembelajaran ...

A. Inquiry learning

B. Problem based learning

C. Project based learning

D. Discovery learning

Jawaban: B


65. Pak Kandi bersama siswanya merencanakan sebuah kegiatan secara kolaboratif. Hal ini dimaksudkan agar peserta didik merasa “memiliki” dan bertanggung jawab atas kegiatan yang telah direncanakan bersama itu. Dalam perencanaan itu dibicarakan mengenai aturan main, aktivitas pendukung, alat dan bahan yang dapat diakses, cara dan langkah kerja untuk menyelesaian rencana kegiatan kolaboratif tadi.

Model pengelolaan pembelajaran yang dipraktikkan oleh Pak Kandi mencerminkan prinsip model ....

A. Problem solving learning

B. Problem based learning

C. Project based learning

D. Discovery learning

Jawaban: C


66. Berikut ini merupakan langkah-langkah pembelajaran dengan model pembelajaran project based learning :

1) Penentuan Pertanyaan Mendasar,

2) Mendesain Perencanaan Proyek,

3) Menyusun Jadwal (Create a Schedule),

4) Memonitor peserta didik dan kemajuan proyek (Monitor the Students and the Progress of the Project),

5) Menguji Hasil (Assess the Outcome),

6) Mengevaluasi Pengalaman (Evaluate the Experience).

Urutan yang benar adalah ....

A. 1-2-3-4-5-6

B. 1-3-2-4-5-6

C. 1-3-2-5-6-4

D. 1-2-3-5-4-6

Jawaban: A


67. Perhatikan langkah-langkah kegiatan pembelajaran yang masih acak berikut ini!

1) Mengorganisasi siswa dalam belajar

2) Orientasi siswa pada masalah

3) Membimbing penyelidikan siswa secara mandiri atau kelompok

4) Mengembangkan dan menyajikan hasil karya

Jika langkah-langkah tersebut disusun mengikuti urutan model pembelajaran Problem Based Learning, urutan langkah yang tepat adalah ....

A. 1-2-3-4

B. 2-3-1-4

C. 3-2-1-4

D. 2-3-1-4

Jawaban: B


68. Perhatikan langkah-langkah kegiatan pembelajaran berikut ini.

1) Orientasi siswa pada masalah

2) Mengorganisasi siswa dalam belajar

3) Membimbing penyelidikan siswa secara mandiri atau kelompok

4) Mengembangkan dan menyajikan hasil karya

5) Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah

Fase-fase pembelajaran tersebut merupakan fase dalam pembelajaran dengan model ....

A. Discovery learning

B. Project based learning

C. Problem solving learning

D. Problem based learning

Jawaban: D



SOAL PENILAIAN

69. Kriteria keberhasilan belajar siswa ditentukan dengan menggunakan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). KKM adalah rata-rata setiap unsur dari kriteria yang ditentukan. Untuk menentukan KKM diperlukan faktor-faktor….

A. Kompleksitas indikator, daya dukung, dan kemampuan guru

B. Kemampuan guru, sarana/prasarana, dan intake siswa

C. Kompleksitas indikator, daya dukung, dan intake siswa

D. Kemampuan guru, tingkat kesulitan kompetensi dasar, dan intake siswa

Jawaban: C


70. Fungsi KKM adalah sebagai berikut, kecuali....

A. Sebagai acuan peserta didik dalam menyiapkan diri mengikuti penilaian mata pelajaran

B. Merupakan target satuan pendidikan dalam pencapaian kompetensi tiap mata pelajaran

C. Dapat digunakan sebagai bagian dari komponen dalam melakukan evaluasi program pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah.

D. Sebagai kegiatan pengambilan keputusan yang dapat dilakukan melalui metode kualitatif atau kuantitatif.

Jawaban: D


71. Fungsi indikator dijadikan sebagai penanda dalam….

A. Pencapaian standar kompetensi

B. Pencapaian kompetensi dasar.

C. Pencapaian tujuan pembelajaran

D. Pencapaian standar kelulusan

Jawaban: B


72. Untuk menentukan tindak lanjut pembelajaran, tindakan yang perlu dilakukan guru adalah;

A. Menilai tingkat pencapaian hasil belajar siswa

B. Menambah bahan pelajaran baru

C. Mengetahui jumlah siswa yang tidak akan mengikuti program tindak lanjut

D. Memilih waktu yang tepat untuk melaksanakan program tindak lanjut

Jawaban: D


73. Instrumen yang diguanakan untuk menilai perilaku siswa dalam proses pembelajaran adalah:

A. Pedoman observasi

B. Kuesioner

C. Pedoman wawancara

D. Tes hasil belajar

Jawaban: A


74. Bila Anda sebagai guru menemukan peserta didik mendapatkan hasil belajar yang rendah, tindakan apa yang akan dilakukan ?

A. Memindahkan tempat duduk peserta didik ke meja yang paling depan

B. Mengulangi penjelasan bahan ajar kepada seluruh peserta didik

C. Memberikan bantuan belajar kepada peserta didik yang bersangkutan

D. Menugaskan seluruh peserta didik membaca buku sumber

Jawaban: C


75. Sebelum guru menyusun soal-soal untuk menilai hasil belajar peserta didik, manakah yang pertama kali harus dipelajari:

A. Buku sumber yang digunakan

B. Kurikulum dan silabus

C. Indikator pencapaian kompetensi

D. Kemampuan awal siswa

Jawaban: C


76. Salah satu prinsip dalam penilaian hasil belajar peserta didik adalah penilaian harus terpadu artinya:

A. Penilaian berdasarkan data yang mencerminkan kemampuan yang harus diukur

B. Penilaian merupakan bagian yang tak terpisahkan dari kegiatan pembelajaran

C. Penilaian berdasarkan kriteria yang jelas tentang kompetensi yang harus dicapai

D. penilaian harus berkesinambungan oleh pendidik untuk semua aspek kompetensi

Jawaban: D


77. Instrumen penilaian hasil belajar yang digunakan pendidik harus memenuhi persayaratan berikut, kecuali:

A. Konstruksi butir soal memenuhi persayaratan yang sesuai dengan bentuk tes yang digunakan

B. Substansi yang diukur mempresentasiukan kompetensi yang dinilai

C. Bahasa yang digunakan komukinatif sesuai dengan taraf perkembangan peserta didik

D. Digunakan untuk ulangan tengah semester dan ulangan akhir semester

Jawaban: D


78. Kriteria ketuntasan minimal (KKM) merupakan kriteria ketuntasan belajar yang ditentukan oleh sekolah, pada prinsipnya merupakan:

A. Nilai batas ambang kompetensi

B. Nilai minimal yang dicapai peserta didik

C. Nilai maksimal yang dicapai peserta didik

D. Nilai batas ambang kelulusan ujian sekolah

Jawaban: C


79. Untuk mengetahui prestasi belajar yang dicapai oleh semua peserta didik pada satu rombongan belajar dapat dilakukan dengan menghitung nilai;

A. Mean

B. Modus

C. Median

D. Simpangan baku

Jawaban: A


80. Standar penilaian pendidikan merupakan acuan bagi guru dalam melaksanakan

A. Penilaian hasil belajar peserta didik

B. Penilaian proses pembelajaran yang dilakukan guru

C. Penilaian silabus dan RPP

D. Penilaian standar kompetensi lulusan

Jawaban: A


81. Penilaian adalah penafsiran hasil pengukuran dan penentuan pencapaian hasil belajar. Penilaian dapat berupa hasil belajar peserta didik yang tidak dipengaruhi oleh kepentingan penilai, perbedaan latar belakang agama, sosial-ekonomi, budaya, bahasa, gender, dan hubungan emosional. Cara penilaian tersebut mengacu pada aspek penilaian….

A. Objektivitas.

B. Transparan

C. Bermakna

D. Menyeluruh

Jawaban: A


82. Ketika Anda tahu bahwa guru telah berhasil atau tidak dalam kegiatan pembelajaran, apa yang Anda lakukan?

A. Membuat laporan keberhasilan/ketidakberhasilan

B. Menyampaikan laporan ke atasannya

C. Menyusun rencana tindak lanjut

D. Menyusun laporan hasil pemantauan

Jawaban: C


83. Upaya merancang pengayaan bagi perserta didik yang mencapai ketuntasan belajar optimal tampak dalam kegiatan guru sebagai berikut:

A. Memberikan tambahan materi berupa sumber ajar dari pengarang yang berbeda

B. Memberikan test tambahan dengan tingkat kesukaran lebih tinggi

C. Memberikan tambahan sumber bacaan yang lebih mendalam dan tingkat variasi yang tinggi berikut instrument testnya yang sesuai

D. Diberikan materi bahan ajar yang lebih tinggi tingkatannya dan mengerjakan soal-soal yang memiliki kesulitan tinggi

Jawaban: D


84. Dasar rancangan program remidi bagi peserta didik yang capaian prestasinya di bawah ketuntasan belajar ….

A. Proses pengajaran remedial pada dasarnya adalah proses belajar mengajar biasa

B. Tujuan pengajaran remedial adalah sama dengan test diagnostik

C. Sasaran terpenting pengajaran remidial adalah peningkatan kecerdasan siswa

D. Strategi yang dipilihhanya berbentuk test ulang

Jawaban: C


85. Salah satu prinsip merancang program remidial bagi peserta didik tampak dalam kegiatan guru ….

A. Membuat rancangan pembelajaran khusus untuk siswa peserta remedial

B. Menggunakan rancangan pembelajaran yang telah dibuat dengan memperhatikan hasil temuan analisis evaluasi belajar siswa

C. Menggunakan rancangan pembelajaran baru yang berbeda sama sekali dengan rancangan yang ada.

D. merancang test ulang saja tanpa ada pengulangan penjelasan materi

Jawaban: C


86. Upaya guru menggunakan hasil analisis untuk menentukan ketuntasan belajar antara lain sebagai berikut....

A. Menentukan kriteria keberhasilan belajar

B. Mengklasifikasi siswaberdasarkan hasil capaian belajarnya

C. Mencari letak kelemahan secara umum dilihat dari kriteria keberhasilan yang diharapkan

D. Merencanakan pengajaran remidi

Jawaban: C


87. Penilaian portofolio dapat dilaksanakan dengan cara ….

A. Memberikan penilaian menyeluruht erhadap tugas-tugas siswa

B. Mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil test harian dan sumatif tiap siswa

C. Mengumpulkan hasil kerja masing-masing siswa yang telah diberikan masukan baik oleh guru dan rekan siswa dalam suatu album sebagai bukti hasil belajar

D. Mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil ulangan tiap siswa untuk melihat kesulitan siswa dalam memahami pokok bahasan tertentu dan kemudian diberikan pengajarandan test remedial

Jawaban: C


88. Penilaian hasil belajar siswa didasarkan pada karya siswa dan tugas siswa, kemampuan dalam proses pembelajaran dan hasil post test disebut ....

A. Konstruktivisme

B. Authentic assesment

C. Efektif

D. Kondusif

Jawaban: B



Lanjut ke soal nomor 89-125 ==> 125 contoh latihan soal UP PPG Pendagogik

Belum ada Komentar untuk "125 Contoh Latihan Soal UP PPG Pendagogik Beserta Kunci Jawaban~Part2"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel